spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Di Kutim, 40 Peserta Meriahkan Pawai Takbir Keliling

SANGATTA – Dalam memeriahkan pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) melaksanakan pawai takbir keliling Idulfitri 1444 H. Pawai secara resmi dilepas Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di halaman Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi, Jumat (21/4/2023) malam.

Pawai mengambil start di depan Masjid Agung Al-Faruq Bukit Pelangi Sangatta dan finish di Kantor BPBD Kutim ini turut dihadiri Wabup Kasmidi Bulang, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Plt Asisten Administrasi Umum Didi Herdiansyah, Staf Ahli Bupati Kutim Roma Malau dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah mengimbau kepada para peserta agar memahami dan mengindahkan aturan lalu lintas di jalan sehingga keselamatan, keamanan dan kenyamanan tetap terjaga selama kegiatan berlangsung.

“Panitia telah menyiapkan hadiah untuk para pemenang. Tapi tidak usah khwatir semuanya akan jadi pemenang, pemenang untuk mengakhiri Ramadan sebagai manusia yang fitri,” ucapnya.

Baca Juga:   TAPD dan OPD Harus Sepaham dalam Pembangunan Kutim

Sebelumnya, Ketua Panitia Nurcholis menjelaskan bahwa tujuan diadakannya pawai keliling ini adalah untuk menggemakan takbir dalam mengagungkan asma Allah SWT. Selain itu sebagai bentuk luapan kegembiraan bersama dengan melakukan takbiran di malam Idulfitri.

“Untuk menghargai kreasi masyarakat dalam keberagaman budaya agama yang dituangkan dalam bentuk karya seni yaitu dengan menghias kendaraan dan lantunan takbir dengan rebana maupun alat musik lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkahkan bahwa kegiatan pawai takbir keliling ini akan dilombakan, maka dari itu ditunjuk 3 orang juri yang akan menetapkan terbaik 1, 2 dan 3. Adapun peserta yang terdaftar di panitia awalnya hanya 40 kelompok. Namun banyak peserta yang menyusul dan melakukan pendaftaran bersamaan dibukanya lomba.

“Juara yang akan diambil ada 3 yakni terbaik 1, 2, dan 3. Hadiahnya berupa piagam, piala dan uang pembinaan, kemungkinan penyerahan hasil lomba akan bertepatan dengan pelepasan MTQ ke TC,” tutupnya. (Rkt1/adv)

Most Popular