spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lomba Asah Terampil DTPHP Kutim, Tingkatkan Pengetahuan Petani

BENGALON – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengucapkan syukur, pasalnya Lomba Asah Terampil bagi kelompok tani kembali digelar tahun ini dengan sistem per zona oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutim.

Kali ini, dimulai dengan zona satu yang diikuti 5 kecamatan yakni Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung Dan Bengalon.

“Lomba ini menjadi pemicu semangat para petani, dengan pengetahuan yang ada mereka bisa mengasah pengetahuannya agar lebih terampil sehingga meningkatkan ilmu yang mereka miliki” kata Ardiansyah Sulaiman usai membuka Lomba Asah Terampil yang digelar di halaman Kantor Camat Bengalon, Jumat (16/9/2023) sore).

Disisi lain, sambung Ardiansyah, dengan lomba ini pemerintah secara terus menerus memberikan dorongan semangat bagi petani. Kemudian dia berharap ke depannya lebih banyak sumber daya manusia (SDM) yang ingin menjadi petani.

“Pemerintah ingin terus meningkatkan produktivitas petani. Dengan menyiapkan lahan yang tidur, agar digarap dan dihidupkan kembali. Semoga para petani bisa terus meningkatkan hasil produksinya sebagai penyangga ketahanan pangan,” ucap orang nomor satu di Pemkab Kutim itu.

Baca Juga:   Ardiansyah Lepas 9 Atlet Difabel Kutim, Tunjukkan Prestasi di Paralympic VII Kaltim

Ia menambahkan sebenarnya Lomba Asah Terampil ini sudah menjadi agenda rutin di Kutim. Namun dikarenakan pandemi COVID-19 jadi sempat tertunda dan hari ini digelar kembali dengan sistem per zona.

“Terakhir digelar pada 2018, mudah-mudahan zona berikutnya lebih meriah dan tahun depan lebih semarak dengan menampilkan hasil turunan produk UMKM lokal,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum mengatakan lomba ini terakhir dihelat pada 2018 lalu, untuk itu pihaknya kembali membangkitkan agar menjadi ajang bergengsi bagi para petani, PPL dan semua pihak yang terlibat. Sekaligus juga ajang perekat tali silaturahmi dan saling bertukar informasi terkait perkembangan dunia pertanian.

“Rencananya digelar kembali setiap tahun dengan sistem per zona. Untuk hari ini zona satu yang meliputi lima kecamatan tuan rumah Bengalon, kemudian Selasa depan dihelat kembali di zona 2. Diikuti 5 kecamatan pesisir Kutim yakni Sangkulirang, Kaliorang, Karangan, Sandaran dan Kaubun sebagai tuan rumah,” urainya.

Dyah menguraikan ini menjadi roadshow setiap pekan hingga satu minggu sebelum hari jadi Kutim pada Oktober. Para pemenang di setiap zona bakal ditandingkan kembali sebagai ajang final di Ibu Kota Kutim. Kemudian para pemenang ini diberikan hadiah yang cukup lumayan nominalnya. Perlombaan ini mendatangkan juri dari BPSDM Kaltim, Dinas Perkebunan dan DTPHP Kutim juga.

Baca Juga:   Bupati Ardiansyah Sampaikan Nota Pengantar Rancangan KUA-PPAS Kutim 2025

“Lomba ini juga sebagai ajang promosi bagi teman-temen pelaku UMKM yang berhubungan dengan produk pertanian,” jelasnya.

Akhirnya, Lomba Asah Terampil zona satu tingkat petani dimenangkan oleh tim petani dari Kecamatan Bengalon, bertengger di posisi dua dari Sangatta Selatan dan ketiga diraih dari tim Teluk Pandan. Tampak hadir menyaksikan Ketua TP-PKK Kutim Siti Robiah, Wakil Ketua II DPRD Arfan, Camat Bengalon Suharman, Plt Asisten Admin Didi Herdiansyah, Plt Kadisperindag Andi Nurhadi Putra, para PPL, perwakilan stakeholder, unsur muspika dan undangan lainnya.(Rkt)

Most Popular