spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tablig Akbar Maulid Nabi di Muara Ancalong, Spirit Meneladani Ahlak Rasulullah

MUARA ANCALONG – Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Muara Ancalong menggelar Tablig Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah/2024 Masehi, Minggu (15/9/2024). Acara ini berlangsung di Masjid Jami’ul Hijrah dengan menghadirkan Ustaz Alhabib Muhammad Bin Abubakar dari Samarinda sebagai penceramah. Kegiatan ini terasa lebih spesial karena dihadiri langsung oleh Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman didampingi istri Siti Robiah.

Kegiatan ini mengangkat tema “Mengingat dan Meneladani Kemuliaan Ahlak Nabi” turut dihadiri oleh Kepala BKPSDM Kutim, Misliansyah, Kepala DPPKB Achmad Junaedi, Camat Muara Ancalong Harun Al Rasyid, Camat Muara Wahau Marlianto, Camat Kombeng Jumran, Forkopimcam, Ketua FKP Kutim Abdul Kadir serta berbagai tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengungkapkan rasa syukur bisa hadir dalam acara tersebut. Ia menekankan pentingnya meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

“Teladan Rasulullah SAW adalah bekal kita untuk menjadi manusia yang lebih baik, menjaga harmoni, dan mempererat ukhuwah Islamiyah. Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum untuk kita semua mengingat kembali ajaran-ajaran mulia Rasulullah,” ucapnya.

Baca Juga:   Panen Raya Melon di Teluk Pandan, Kontribusi Topang Kebutuhan Buah di Kutim

Selain itu, Ardiansyah juga mengajak seluruh masyarakat Muara Ancalong untuk menjadikan peringatan Maulid Nabi sebagai momen introspeksi diri.

“Mari kita renungkan, apakah kita sudah meneladani akhlak mulia beliau dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan bermasyarakat. Peringatan ini harus menguatkan kita dalam berbuat baik,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Hendra, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati Kutim beserta rombongan yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara tersebut.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran Bapak Bupati beserta rombongan. Kehadiran Bapak tentunya memberikan semangat tersendiri bagi kami dalam melaksanakan kegiatan Maulid ini,” ujar Hendra.

Hendra juga menyampaikan penghargaan kepada para donatur yang telah berkontribusi, sehingga kegiatan Tabligh Akbar ini dapat berlangsung dengan baik.

“Terima kasih kepada para donatur yang telah berpartisipasi dalam mendatangkan Ustaz Abdillah dari Samarinda. Semoga amal baik ini mendapatkan balasan yang berlipat dari Allah SWT,” tuturnya.

Dalam ceramahnya, Ustaz Alhabib Muhammad Bin Abubakar, mengingatkan jamaah akan pentingnya bersalawat kepada Nabi serta meneladani akhlak mulia Rasulullah. Menurutnya, bersalawat adalah bentuk cinta dan penghormatan umat kepada Nabi yang akan membawa berkah dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:   Reorientasi Dai Pembangunan di Kutim, Bangun Kolaborasi dengan Masyarakat Agamis dan Sejahtera

“Salawat adalah kunci keberkahan. Semakin sering kita mengucapkannya, semakin besar kecintaan kita kepada Rasulullah dan semakin dekat kita dengan ridha Allah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ustaz Alhabib juga menekankan bahwa meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW harus diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Ia mengajak jamaah untuk memperbaiki akhlak dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan yang diajarkan Nabi.

“Meneladani Nabi bukan hanya tentang ucapan, tapi juga tindakan. Kita harus mengaplikasikan ajaran beliau dalam kehidupan kita,” ucapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh ustaz Abdillah. Penyerahan bantuan biaya pemeliharaan musala dan masjid dilanjutkan ramah tamah dan makan bersama sebagai wujud kebersamaan dan syukur atas terselenggaranya acara Maulid Nabi Muhammad SAW. (Rkt)

Most Popular