spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Geladi Kotor Jelang Pembukaan MTQ ke-XVII, Persiapan Panpel Capai 80 Persen

SANGATTA – Panitia Pelaksana (Panpel) MTQ ke-XVII Tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tahun 2024 melakukan geladi kotor pembukaan MTQ di arena utama Lapangan Helipad, Jumat (21/6/2024) sore. Geladi kotor ini dilakukan untuk menyesuaikan medan agar acara pembukaan MTQ yang dijadwalkan pada tanggal 23 Juni 2024 dapat berjalan lancar.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Panpel MTQ ke-XVII Kutim Syamsuddin Sennang memantau langsung jalannya geladi kotor tersebut. Ia mengatakan bahwa sampai dengan H-3 jelang pembukaan MTQ ke-XVII Kutim, persiapan panpel sudah mencapai 80 persen.

“Sesuai hasil rapat terakhir kami (panitia), semua seksi melaporkan kesiapannya sudah 80 persen tinggal pelaksanaannya saja,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk memeriahkan acara MTQ ke-XVII Kutim, panitia sudah menyiapkan tenda bagi para pelaku UMKM. Selain itu, panita juga akan menghadirkan Nissa Sabyan, vokalis grup musik Sabyan Gambus. Dikenal publik karena sering menyanyikan ulang (cover) lagu-lagu bernuansa islami ataupun salawat nabi.

“Untuk pendukung lainnya seperti UMKM, panitia telah menyiapkan 55 tenda yang semuanya sudah terisi penuh. Tenda-tenda ini diisi oleh 18 kecamatan, perbankan, Perangkat Daerah (PD), serta masyarakat umum,” jelasnya.

Baca Juga:   Pembangunan Sistem Drainase Sangatta Utara Terus Dioptimalkan

Selain itu, panitia juga telah menyiapkan 9 arena untuk berbagai perlombaan. Arena Utama di Lapangan Helipad akan melombakan Qiraat Mujawwad, Qiraat Murattal, Tilawah Dewasa, dan Tilawah Cacat Netra. Arena kedua di Masjid Agung akan mengadakan perlombaan Tartil, Tilawah Anak-anak, dan Tilawah Remaja. Di arena ketiga, Pendopo Rujab Bupati, akan dilangsungkan Tahfidz 1 juz dan Tilawah, serta Tahfidz 5 juz dan Tilawah. Sementara di arena keempat, Mako Kodim 0909, tersedia perlombaan Tahfidz 10, 20, dan 30 juz, serta Tafsir dalam Bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris.

“Arena kelima di Ruang Meranti Kantor Bupati, yang akan diadakan Syarhil Qur’an. Arena keenam di Gedung PKK akan menyelenggarakan Fahmil Qur’an. Arena ketujuh di Gedung Serba Guna Bappeda akan menampilkan kaligrafi. Di arena kedelapan, Aula Gedung Dinas Koperasi akan mengadakan Musabaqah Karya Tulis Ilmu Qur’an (MKTIQ), dan arena kesembilan di Gedung PLHUT Kemenag akan dilangsungkan Tahfidz Hadist Nabawi 100 dan 500 hadist,” jelasnya.

Terakhir, ia mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kutim untuk beramai-ramai menyaksikan malam pembukaan MTQ ke-XVII dan juga menyaksikan perlombaan dimasing-masing arena MTQ.

Baca Juga:   Smansa Cup Pertandingkan 7 Nomor Lomba, Ajang Kreativitas dan Berkarya

“Mohon dukungannya agar kegiatan ini berjalan dengan lancar tertib aman dan sukses,” tutupnya. (Rkt)

Most Popular