spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPC Dukung Kelaikan Jalan Sangatta-Bengalon-Wahau Mulus, Mudik Lebih Lancar

BENGALON – H-4 jelang Lebaran Idulfitri 1444 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim bersama PT Kaltim Prima Coal (KPC) melakukan kegiatan inspeksi kelaikan Jalan Poros Sangatta-Simpang Perdau-Bengalon menuju Muara Wahau, Selasa (18/4/2023) kemarin.

Inspeksi dilakukan oleh jajaran Dishub, dipimpin Kepala Seksi Keselamatan Lingkungan Perhubungan Kutim Awang Adi Juni Antara didampingi Superintendent Public Communication KPC Felly Lung.

Dalam laporannya, Awang Adi menyimpulkan bahwa kondisi Trans Kalimantan pada titik pantauan sudah lebih baik. Khususnya Jalan Poros Sangatta-Simpang Perdau menuju Muara Wahau, sudah mulus dan aman untuk lalu lintas mudik.

“Dari hasil inspeksi hari ini, saya melihat jalan yang sudah diperbaiki oleh teman-teman dari PT KPC dari Sangatta-Bengalon-Simpang Perdau, sudah sesuai standar keselamatan. Selebihnya mungkin yang perlu ditambahkan rambu-rambu lalu lintas,” kata Awang.

Berdasarkan kondisi jalan yang ada, dia menilai Jalan Poros Sangatta-Simpang Perdau, sangat laik dipergunakan sebagai jalur mudik. Ia memprediksi, lonjakan pengguna jalan akan mulai padat pada H-3 Idulfitri. Namun dengan kondisi jalan yang ada, arus mudik diperkirakan akan lancar-lancar saja. Dia menegaskan untuk arus mudik Lebaran Idulfitri 1444 H ini sudah sangat laik dan aman. Artinya bisa dioperasikan secara maksimal.

Baca Juga:   Pandemi Covid-19 Paksa Pelaku Ekraf Promosi Lewat Jalur Digital

“Kami memprediksi, H -3 lebaran, untuk arah dari Berau-Muara Wahau-Kongbeng menuju Sangatta-Bontang-Samarinda akan padat. Tapi dengan kondisi jalan yang ada saat ini sudah memenuhi standar keselamatan,” kata Awang.

Terpisah, General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Wawan Setiawan menambahkan, setelah mengalami berbagai kerusakan pada sejumlah titik, KPC ikut berpartisipasi melakukan perbaikan pada ruas jalan nasional Poros Sangatta-Bengalon. Pihaknya melakukan perbaikan dan perawatan jalan sejauh 6 kilometer. Mulai dari Simpang Perdau menuju Rawa Indah, Bengalon. Perbaikan ini sudah melalui koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Kaltim.

Felly Lung yang ikut mendampingi inspeksi jajaran Dishub Kutim turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kutim, khususnya Dishub.

“Dari hasil inspeksi ini, Dishub menyatakan bahwa jalan ini sangat aman untuk dilalui sebagai jalur mudik Lebaran 1444 H,” singkatnya. (Rkt1)

Most Popular