spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringatan Harlah Pancasila di Kutim, Tonjolkan Persamaan Kesampingkan Perbedaan

SANGATTA – Upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang digelar di halaman Kantor Bupati Kutim berlangsung khidmat dan diikuti oleh seluruh perwakilan OPD dan undangan lainnya, Kamis (1/6/2023) pagi. Kegiatan ini turut dihadiri Seskab Kutim Rizali Hadi, Ketua DPRD Kutim Joni, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin beserta jajaran Forkopimda.

Upacara Harlah Pancasila dipimpin langsung oleh Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika sebagai inspektur upacara (Irup) dan Letnan Inf Bagus Aji Suryanata Kusuma sebagai komandan upacara (Koup).

Tema Harlah Pancasila tahun ini kata Letkol Inf Adi Swastika sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

“Jadi tema ini sebagai pengingat pentingnya gotong royong untuk memajukan bangsa,” tegasnya dalam sambutan.

Ia berpesan tonjolkan persamaan kesampingkan perbedaan terutama pada saat fenomena intoleransi yang telah mengemuka di masyarakat.

“Sadari bahwa kita saling membutuhkan sehingga diperlukan semangat untuk bekerja sama, bersinergi dan bergotong royong dalam upaya memajukan bangsa,” tambahnya.

Baca Juga:   Kantor UPTD PPRD Kutim dan Samsat Diresmikan Isran, Maksimalkan Pelayanan

Kemudian, jaga keberagaman Bhinneka Tunggal Ika terutama menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Kita pegang Bhinneka Tunggal Ika dalam beragama. Tetap utamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Menjelang Pilkada akan banyak terjadi konflik golongan tertentu, tapi kita lihat muaranya bahwa semua itu pada kemajuan Kutim,” urainya.

Dalam kesempatan itu, ia turut mengajak semua golongan baik golongan bawah, menengah, maupun atas untuk menjaga persatuan dan kesatuan.(kopi9/kopi13)

Most Popular