spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Poktan LMJ Ranpul Panen Semangka, Ardiansyah: Produksi Pertanian Meningkat

RANTAU PULUNG – Bupati Kutai Timur (Kutim) sangat mengapresiasi kegiatan panen buah semangka hasil produksi Kelompok Tani (Poktan) Lestari Mandiri Jaya (LMJ) di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Rantau Pulung (Ranpul), Selasa (23/5/2023).

Ia pun merasakan sendiri, jika buah semangka hasil tani Poktan LMJ Ranpul memiliki ciri khas mengandung semangka yang mengandung banyak air dan sangat segar.

“Informasinya, jika buah semangka ini sudah ditunggu oleh para pembeli yang sudah memesan sejak jauh-jauh hari. Nah, ternyata kita panen dan hasilnya sudah sold out (terjual) dengan harga Rp 7.000 per kilogram dan pembelinya langsung datang ke kebun,” jelasnya disaksikan Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Dandim 0909/Kutim Letkol Inf Adi Swastika, Ketua DPRD Joni, Kepala DTPHP Dyah Ratnaningrum, Kepala DPMDes Yuriansyah, Kadisdukcapil Jumeah, Kadis PUPR Muhir, Kadinsos Ernata Hadi, Camat Tristiningsih, para PPL, unsur muspika dan undangan lainnya.

Ia pun menegaskan jika Pemkab Kutim terus mendorong hasil pertanian di kecamatan cepat meningkat.

Baca Juga:   Resmi Dikukuhkan, Camat Kaliorang Diminta Peka Kondisi Daerahnya

“Karena melihat potensi tanaman jenis holtikultura ini semakin banyak diminati, tak hanya oleh masyarakat lokal. Bahkan sudah merambah pasar regional, dirinya menyakini semangat para petani untuk lebih banyak menghasilkan produk pertanian akan semakin bergeliat dan berinovasi,” urainya.

Sebelumnya, Kepala Dinas TPHP Kutim Dyah Retnoningrum, menyebut, potensi yang di hasilkan dari buah semangka yang ditanam di lahan seluas 3 hektare mencapai 75 ton dalam sekali panen, dengan asumsi rata-rata dalam 1 hektare mampu menghasilkan 25 ton buah semangka.

“1 kilogramnya dijual Rp 7 ribu kalau kita kalikan 75 ton dalam sekali panen, berarti para petani mampu menghasilkan keuntungan sebesar Rp 525 juta,” singkatnya.(Rkt1/Adv)

Most Popular